Kamis, 27 Oktober 2011

Mengembalikan GRUB yang hilang

Mungkin anda pernah menginstal dual boot di komputer anda, kemudian salah satu sistem operasi perlu untuk di install ulang, kemudian grubnya hilang.
Bagaimana cara untuk mengembalikannya?

Kasus 1
1. Pertama instalasi Sistem operasi Windows di partisi ke 1
2. Selanjutnya install Debian di partisi ke 3.

Setelah instalasi Debian, menurut pengalaman maka ketika diinstall grub, maka menu untuk pilihan Windows tidak ada. Cara pemecahannya adalah:
#update-grub2
Perintah di atas secara otomatis akan mendeteksi sistem operasi yang ada di komputer, maka menu pilihan untuk Windows pasti sudah kembali.
Dan untuk menjadikan Windows sebagai default menu, caranya adalah:
#nano /boot/grub/grub.cfg
Biasanya jika hanya ada Windows dan Debian, menu entrinya ada 3, maka pada file konfigurasi tersebut set default ganti dari 0 menjadi 2, karena dimulai dari 0.
set default = "2"


Kasus 2
Ketika Windows nya mungkin bermasalah, maka anda memutuskan untuk install ulang Windows, maka setelah intaslasi selesai menu entri untuk Debian hilang (grub hilang). Untuk mengembalikannya caranya adalah:

  1. Gunakan DVD1 Debian, kemudian boot dari CD-ROM, pilih menu RESCUE MODE
  2. Ikuti proses seperti instalasi biasa, kemudian pada saat pilihan instalasi boot loader, maka lakukan instalasi dan tempatkan di /dev/sda.
  3. Kemudian pilih menu untuk ke shell prompt dengan memilih menu execute shell prompt, pilih partisi root Debian yaiut /dev/sda3
  4. setelah di shell, maka ketikkan update-grub2
  5. Reboot komputer, maka grub sudah terinstall.
  6. jika menu entri untuk pilihan boot ke Windows hilang lakukan langkah-langkah seperti pada Kasus 1.
Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar